INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA TEPAKYANG. PELAYANAN DI DESA TEPAKYANG HARI SENIN s/d KAMIS DIBUKA MULAI PUKUL 07.30 S/D 15.00 WIB HARI JUM'AT DIBUKA PUKUL 07.30 s/d 11.00 WIB

CIPTAKAN DESA BERDAULAT PANGAN, Pemdes Tepakyang Adimulyo Kebumen Gelar Pelatihan Pertanian

CIPTAKAN DESA BERDAULAT PANGAN, Pemdes Tepakyang Adimulyo Kebumen Gelar Pelatihan Pertanian

Ciptakan desa berdaulat pangan, Pemerintah Desa Tepakyang Kecamatan Adimulyo kabupaten Kebumen menggelar pelatihan pertanian dengan menghadirkan narasumber Prof. Tri Judy Sukartono, M.Sc., Ph.D., Asesor Kementrian Pertanian Republik Indonesia serta dari Dinas pertanian dari Kebumen, Purworejo dan Yogyakarta, Kamis 26/1/2023.

Dengan tema "Menciptakan Desa Tepakyang Berdaulat Pangan" Pelatihan sendiri digelar di balaidesa Tepakyang. Pada pelatihan ini warga akan dibekali tatacara mengolah lahan pertanian dengan teknologi tentang bagaimana mengolah tanah dengan limbah yang ada di lingkungan sekitar. Serta pelatihan pengolahan membuat pupuk.

"Kami mengenalkan teknologi bagaimana kita mengolah tanah dengan limbah yang ada. Mulai dari serabut kelapa, gedebog pisang, jerami yang mana  bahan tersebut melimpah ruah di desa ini" terang Prof. Tri Judy Sukartono, M.Sc., Ph.D., pada sela-sela pelatihan.

Prof. Judy juga menuturkan bahwa awal dari keberhasilan sebuah tanaman yakni 60% dari tanah selebihnya dari benih, pupuk, Untuk itu selanjutnya prof Judy juga akan memberikan tips membuat POC (pupuk organik cair) yang dalam hal ini akan di produksi bersama dengan kelompok tani desa Tepakyang.

Selain POC, kedepan juga akan membuat POG (pupuk organik granul) dan NPK cair secara mandiri yang mana semua bahan baku telah tersedia di desa Tepakyang sendiri.

Di tambahkan pula manfaat dari pelatihan yakni guna menciptakan kemandirian petani dimana dalam hal ini untuk menekan ketergantungan petani terhadap pupuk bersubsidi terlebih saat terjadi kelangkaan.

"Saya harapkan petani betul-betul mandiri karena saat ini petani ketergantungan pupuk. Dan kita akan merujuk pada satu kesepakatan bahwa pertanian harus di bangun oleh warga itu sendiri karena warga yang mengetahui ekologi desanya". Ujar Prof. Judy.

Sementara itu kepala desa Tepakyang, Arbani menuturkan pihaknya sengaja mendatangkan ahlinya yakni Profesor dari kementrian terkait untuk turun langsung ke desa guna membagikan pengetahuannya.

Selanjutnya melalui pelatihan seperti ini diharapan kedepan masyarakat desa Tepakyang mampu menciptakan satu kemandirian pangan sehingga betul-betul akan meningkatkan pertanian di desanya.

" intinya kami mengikinkan hasil pertanian kami meningkat dan tidak lagi tergantung dengan pupuk kimia.". Pungkasnya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Potensi Desa Terkait

Arsip Potensi Desa

Statistik Pengunjung