INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA TEPAKYANG. PELAYANAN DI DESA TEPAKYANG HARI SENIN s/d KAMIS DIBUKA MULAI PUKUL 07.30 S/D 15.00 WIB HARI JUM'AT DIBUKA PUKUL 07.30 s/d 11.00 WIB

POSBINDU PTM BULAN JANUARI 2023

POSBINDU PTM BULAN JANUARI 2023

Kamis, 19 Januari 2023 para kader posyandu desa Tepakyang dibantu oleh bidan desa mengadakan POSBINDU PTM pertama kali ditahun 2023

Pada POSBINDU kali ini para warga desa Tepakyang mendengarkan penyuluhan dari bapak Umar Sigit tentang "Screening Kesehatan Mental atau Jiwa".

Masalah kesehatan jiwa memang tidak secara langsung menyebabkan kematian akan tetapi sangat berpengaruh pada kemampuan seseorang.

Screening kesehatan mental atau jiwa pada dasarnya adalah untuk mendeteksi lebih cepat atau menentukan resiko seseorang yang mengalami gangguan mental, seperti gangguan kecemasan, depresi, gangguan bipolar, gangguan pasca trauma (PTSD).

Semakin cepat terdeteksi, semakin baik pula efektivitas penanganan masalah kesehatan jiwa yang bisa diberikan oleh psikolog dan psikiater. Dengan begitu, resiko terjadinya komplikasi atau masalah yang lebih besar akibat gangguan jiwa seperti penggunaan obat-obatan atau ide bunuh diri bisa dicegah.

Maka dari itu janganlah ragu untuk melakukan screening awal kesehatan jiwa.

Screening awal atau pemeriksaan dini kesehatan mental atau jiwa sangat penting untuk dilakukan pada orang-orang yang mengalami gejala berikut :

- Sering merasa cemas, khawatir atau takut yang berlebihan.

- Suasana hati (mood) cepat berubah dan extremely.

- Cepat sedih dan mudah emosi.

- Kurang energi dan kelelahan.

- Merasa diri tidak berharga (self esteem rendah).

- Sulit konsentrasi.

- Sulit mengatasi stres.

- Sering menghindari komunikasi dengan orang lain.

- Pernah berfikir untuk menyakiti diri sendiri.

Bapak Umar selaku narasumber juga mempraktekkan screening awal kesehatan jiwa kepada salah satu warga dengan menyebutkan beberapa kata dan warga tersebut harus bisa mengulangi minimal sebagian dari kata2 yang diucapkan beliau.

Untuk terakhir kalinya beliau membagikan sebuah kertas kepada setiap warga yang berisi kuisioner untuk menjawab setiap pertanyaan dengan jawaban ya/tidak yang kemudian akan diperiksa oleh bapak Umar.

Di akhir penyuluhan, beliau berharap dengan adanya penyuluhan ini agar dijadikan pengetahuan dan pemahaman serta perhatian terhadap kondisi psikologis untuk menghindari dan menanggulangi akan terjadinya gangguan jiwa (mental) baik diri sendiri maupun orang lain.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip POSYANDU

Statistik Pengunjung