INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA TEPAKYANG. PELAYANAN DI DESA TEPAKYANG HARI SENIN s/d KAMIS DIBUKA MULAI PUKUL 07.30 S/D 15.00 WIB HARI JUM'AT DIBUKA PUKUL 07.30 s/d 11.00 WIB

DETEKSI PENYEBARAN RUBELLA: "BALITA TEPAKYANG DIAMBIL SAMPEL DARAH"

DETEKSI PENYEBARAN RUBELLA: "BALITA TEPAKYANG DIAMBIL SAMPEL DARAH"

Rubella adalah penyakit akibat infeksi virus, yang menimbulkan gejala ruam merah pada kulit. Meski sama-sama menyebabkan ruam kemerahan di kulit, rubella berbeda dengan campak. Selain disebabkan oleh virus yang berbeda, gejala rubella lebih ringan dibanding campak. 

Kebanyakan orang desa menyebutnya penyakit "byak" karena gejala yang muncul diawali dengan demam tinggi kemudian muncul bintik-bintik merah di kulit.  Senin, 18-4-22 Tim Puskesmas Adimulyo di dampingi dengan Kader PPKBD serta Bidan Desa mendatangi balita yang mempunyai ciri-ciri seperti demam, muncul bintik merah, dan mata kemerahan dalam 3 bulan terakhir untuk dilakukan pengambilan sampel darah. Sampel darah ini yang nantinya akan diuji lab oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen.

"Beberapa minggu terakhir ini memang banyak balita yang periksa ke PKD dengan keluhan seperti gejala Rubella, oleh karena itu kita memastikan dengan mengambil sampel darah." Pungkas Gita selaku Bidan Desa.

Dari 11 balita yang dilakukan kunjungan rumah, lima diantaranya bersedia diambil sampel darahnya. Selain itu tim PKM Adimulyo juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan keluarga dimulai dari menjaga kebersihan diri. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter