INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA TEPAKYANG. PELAYANAN DI DESA TEPAKYANG HARI SENIN s/d KAMIS DIBUKA MULAI PUKUL 07.30 S/D 15.00 WIB HARI JUM'AT DIBUKA PUKUL 07.30 s/d 11.00 WIB

TRADISI LOKAL DAN KHAS BULAN RAMADHAN (LIKURAN)

TRADISI LOKAL DAN KHAS BULAN RAMADHAN (LIKURAN)

Tradisi lokal dan khas yang ada di Desa Tepakyang, Anda ingin menemukan sensasi yang benar-benar beda di saat puasa? Sesekali datanglah ke Desa Tepakyang Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen. Di Masjid-masjid, Mushola-musola Desa Tepakyang. Ada tradisi unik yang selalu dilakukan saat Bulan Ramadan yaitu biasanya puasa ke 17 atau 21 selalu mengadakan masak gulai Entog, Ayam bahkan ada yang kambing.

Kegiatan ini berjalan yaitu dengan iuran masing-masing rumah tangga, iuran dana dan kelapa. Untuk masaknya yaitu dengan menggunakan system gotong royong yaitu warga yang ditunjuk untuk memasak di masjid2 dan mushola adalah orang yang dtunjuk oleh pengurus secara sukarela. Setelah matang warga berbondong-bondong membawa tempat untuk mengambil gulai (becek) tersebut, biasanya matang sekitar pukul 15.00 WIB.

 Cara memanggilnya yaitu dengan cara memukul Kentongan warga langsung pada datang ke lokasi. Malam harinya setelah sholat tarawih kemudian berdoa Bersama dan mendoakan para leluhur Desa,  Kebiasaan itu sampai saat ini terjaga dan  lestari.  
 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3

Polling 4