INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA TEPAKYANG. PELAYANAN DI DESA TEPAKYANG HARI SENIN s/d KAMIS DIBUKA MULAI PUKUL 07.30 S/D 15.00 WIB HARI JUM'AT DIBUKA PUKUL 07.30 s/d 11.00 WIB

DEKLARASI PENCANANGAN KAMPUNG PANCASILA DESA TEPAKYANG TAHUN 2022

DEKLARASI PENCANANGAN KAMPUNG PANCASILA DESA TEPAKYANG TAHUN 2022

Deklarasi pencanangan kampung pancasila di Desa Tepakyang Kecamatan Adimulyo, Kamis, 30 Juni 2022 dimulai pukul 09.00 WIB. Dihadiri oleh Dandim 0709 Kebumen, Asisten 1 Bupati Kebumen, perwakilan Kapolres Kebumen, Kejaksaan Negeri Kebumen, Ketua FKPPI Kabupaten Kebumen, Camat Adimulyo, Kapolsek Adimulyo, Koramil Adimulyo, perwakilan dari KUA Adimulyo, Upt Disdik Adimulyo, Koordinator pertanian Adimulyo, tokoh agama, tokoh masyarakat.

 

Adapun susunan acara dalam pencanangan dan deklarasi Kampung Pancasila antara lain sebaga berikut Pembukaan,

Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya,

 Pembacaan Doa,

Pembacaan Teks Pancasila,  dan Ikrar Kp Pancasila

Sambutan Kepala Desa Tepakyang

Sambutan Dandim 0709 Kebumen Letkol inf Eduar Hendri S.I.P

Pencanangan kampung Pancasila ditandai pemukulan gong dan penyerahan miniature garuda oleh dandim 0709 Kebumen kepada duta kampung Pancasila serta penyerahan surat keputusan Camat Adimulyo kepada Kepala Desa Tepakyang

Sambutan Bupati Kebumen yang diwakilkan oleh Kakesbangpol Kab. Kebumen

Menyaksikan pentas seni dari putra putri harapan bangsa Desa Tepakyang

Dandim 0709 Kebumen didampingi Kakesbangpol Kab Kebumen, Jajaran Forkompincam serta tamu undangan menuju lokasi pelepasan balon udara dan pelepasan burung merpati

penutup

 

Hari Ini, Kamis 30 Juni 2022 Bertempat Halaman Desa Tepakyang Dilaksanakan Deklarasi Dan Pencanangan Kampung Pancasila. Pada Kesempatan Ini Desa Tepakyang Mendapat Kesempatan Istimewa Sebagai Kampung Pancasila. Pancasila Merupakan Harga Mati Yang Sampai Kapanpun Tidak Boleh Diganti Dengan Ideologi Lain Demi Keutuhan Bangsa. Adapun Tujuan Dibentuknya Kampung Pancasila Adalah Sebagai Berikut:

1.       Untuk Menciptakan Suatu Media Pembelajaran Pancasila Bagi Masyarakat Luas.

2.       Untuk Semakin Menumbuhkan Kerukunan Antar Masyarakat Di Pancasila, Karena Penduduknya Beragam.

3.       Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Bhinneka Tunggal Ika.

4.       Untuk Menanamkan Pemahaman Bahwa Seluruh Warga Negara Indonesia Wajib Menerapkan Sila-Sila Pancasila.

5.       Untuk Menanamkan Pemahaman Bahwa Seluruh Warga Negara Indonesia Wajib Memberikan Penghormatan Dan Penghargaan Yang Setinggi-Tingginya Kepada Para Pemimpin Bangsa Yang Telah Berhasil Menggali Dan Merumuskan Pancasila Sebagai Dasar Negara.

Hadirin Yang Berbahagia,

Semangat Kebangsaan Yang Terbingkai Dalam Bhinneka Tunggal Ika, Harus Senantiasa Dijaga Bersama. Sehingga, Warga Dapat Membentengi Diri Dari Konflik Sosial Dan Aksi Terorisme, Yang Merusak Dan Memecah Belah Persatuan. Pencanangan Kampung Pancasila Untuk Memberi Pemahaman Kepada Masyarakat Tentang Keragaman Suku, Agama, Kebudayaan Di Negeri Ini, Yang Bisa Disatukan Oleh Pancasila. Diharapkan, Desa Yang Sudah Ditetapkan Sebagai Kampung Pancasila Dapat Menjadi Contoh Bagi Desa Lain Yang Ada Di Wilayah Kecamatan Adimulyo , Dan Kabupaten Kebumen Pada Umumnya.

Hasil Yang Diharapkan Dari Adanya Program Kampung Pancasila Adalah Meningkatnya Kecerdasan Masyarakat. Proses Interpretasi, Internalisasi, Dan Aktualisasi Pancasila Akan Membentuk Pribadi Yang Unggul. Pengembangan Budaya Melalui Pancasila Juga Akan Menghasilkan Kecerdasan Spiritual. Lalu, Pengembangan Sosial Akan Menghasilkan Kecerdasan Emosional, Dan Pengembangan Ilmiah Akan Menghasilkan Kecerdasan Intelektual.

Untuk Itu, Mari Kita Sukseskan Bersama Program Kampung Pancasila Ini, Sebagai Wujud Semangat Nasionalisme Kita, Wujud Kebersamaan Menjaga Daerah Kita, Menjaga Kondusifitas Bersama Dan Secara Luas Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sesarengan Mbangun Tepakyang Merupakan Semangat Kebersamaan Mewujudkan Visi Misi. Kita Ciptakan Kondusifitas Bersama Di Desa Tepakyang. Jangan Sampai Terpecah Belah, Jika Ada Permasalahan Mari Kita Diskusikan Secara Apik, Kita Cari Solusi Bersama Dengan Tetap Memperhatikan Nilai Budaya, Semangat Gotong Royong Dan Kekeluargaan, Mencapai Mufakat Untuk Kemajuan Bersama.

Saya Yakin, Yang Hadir Disini Punya Tujuan Yang Sama, Melayani Masyarakat Serta Bersama Membangun Desa Tepakyang  Satu Frekuensi Dalam Rangka Mewujudkan Visi Misi Desa Tepakyang.
Demikian, Terimakasih. Salam Pancasila

Wassalamualaikum Wr Wb

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter