INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA TEPAKYANG. PELAYANAN DI DESA TEPAKYANG HARI SENIN s/d KAMIS DIBUKA MULAI PUKUL 07.30 S/D 15.00 WIB HARI JUM'AT DIBUKA PUKUL 07.30 s/d 11.00 WIB

DESA TEPAKYANG MENGHADIRI KEGIATAN KOMUNIKASI SOSIAL DENGAN APARAT PEMERINTAH TAHUN 2022 DI KODIM 0709/KEBUMEN

DESA TEPAKYANG MENGHADIRI KEGIATAN KOMUNIKASI SOSIAL DENGAN APARAT PEMERINTAH TAHUN 2022 DI KODIM 0709/KEBUMEN

TEPAKYANG – Komando Distrik Milter (Kodim) 0709 Kebumen menyelenggarakan kegiatan komunikasi sosial dengan aparat pemerintah di aula Markas Kodim 0709/Kebumen, Selasa (12/07/2022). Kegiatan ini mengangkat tema “Pemanfaatan Media Sosial di Era Digital.” Tujuan dari kegiatan ini adalah silaturahmi sekaligus meningkatkan kesadaran tentang penggunaan internet dan media sosial secara bijak di lingkungan pemerintahan. Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu beberapa Kepala Desa di Kebumen, termasuk Desa Tepakyang beliau bp. ARBANI menghadiri kegiatan tersebut

Dandim 07 09/Kebumen, yang dalam hal ini mewakilkan kepada anggotanya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah program dari angkatan darat yang sampai ke tingkatan bawah, yaitu kegiatan komunikasi sosial beserta aparat pemerintah. Ia juga menyebut bahwa sinergitas tiga pilar antara TNI, POLRI, dan Pemerintah Daerah tidak bisa dipisahkan dan hadir bersama-sama di tengah masyarakat dan sebagai upaya untuk membangun jiwa Korsa.

“Melalui jalur inilah (komunikasi sosial) kita bisa bertemu. Intinya adalah silaturahmi.

Perkembangan media dan teknologi, khususnya kehadiran internet memberikan dampak signifikan bagi banyak aspek kehidupan. Terlebih akibat pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran, perkantoran, jual beli, dan lainnya beralih menggunakan media online. Termasuk kegiatan koordinasi antara TNI, POLRI, dan Pemerintah Daerah biasa dilakukan melalui grup chatting.

Seiring dengan perubahan yang terjadi, perkembangan teknologi informasi tidak hanya membawa dampak positif, tetapi juga dampak negatif.

“Banyak terjadi hal-hal karena kelalaian kita, kecerobohan kita, akhirnya yang terjadi adalah, kalau dulu kan mulutmu harimau, sekarang jarimu adalah harimau. Karena ada bukti digital, ada jejak digital.

Lebih lanjut, Ia menuturkan bahwa saat ini juga ada komentar-komentar berupa ujaran kebencian, yang mana akan sulit dihilangkan karena adanya jejak digital. Apalagi saat ini semua telah diatur dalam Undang-Undang Informasi dan Transkasi Eleketronik (UU ITE).

Selanjutnya, Bpk Supardi selaku pengisi materi dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa pentingnya pembelajaran bagi anak anak terutama generasi milenial untuk menerapkan ideologi pancasila.

Selanjutnya dari Dinas Kominfo menyampaikan cara berinternet yang sehat dan aman, diantaranya: menunjukkan perilaku baik di dunia maya, memeriksa pengaturan akun dan kata sandi, jangan menyebarkan rumor, tidak sembarang menerima pertemanan, berpikir dahulu sebelum mengirim sesuatu, dan hendaknya verifikasi kembali berita sebelum dibagikan.

Di acara terakhir yaitu memberikan penghargaan kepada 4 Desa yang telah melaksanakan pencanangan Deklarasi Kampung pancasila. dan telah melaksanakan kegiatan2 tentang kebangsaan yang salah satunya yaitu Desa Tepakyang Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter