INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA TEPAKYANG. PELAYANAN DI DESA TEPAKYANG HARI SENIN s/d KAMIS DIBUKA MULAI PUKUL 07.30 S/D 15.00 WIB HARI JUM'AT DIBUKA PUKUL 07.30 s/d 11.00 WIB

PELAKSANAAN IVA MOBILE untuk deteksi dini kanker leher rahim

PELAKSANAAN IVA MOBILE untuk deteksi dini kanker leher rahim

Berdasarkan data WHO penyakit kanker merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia.

Kanker tertinggi di Indonesia pada perempuan adalah kanker leher rahim yang berdasarkan Sistem Informasi Rumah Sakit tercatat sebanyak 5.349 kasus (12,8%).

 

Permasalahan yang menonjol antara lain masih kurangnya kesadaran masyarakat (pasangan usia subur) yang mau melakukan pemeriksaan IVA dengan alasan malu dan rasa takut yang menghantui para WUS (Wanita Usia Subur) jika mendapatkan hasil pemeriksaan IVA positif.

Melihat situasi tersebut para kader posyandu desa Tepakyang bekerja sama dengan bidan desa Tepakyang dan Unit Kesehatan PUSKESMAS Adimulyo menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan IVA mobile dengan sasaran WUS (Wanita Usia Subur) yang sudah menikah. Adapun peserta yang hadir sebanyak 31 WUS.

 

IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) itu sendiri merupakan pemeriksaan asam asetat atau asam cuka pada leher rahim selama 1 menit dengan tujuan mengurangi morbiditas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan pada leher rahim.

 

Desa Tepakyang melaksanakan kegiatan tersebut pada Hari Sabtu, 22 Oktober 2022, Kami mengharapkan kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat di wilayah kerja desa Tepakyang khususnya Pasangan Usia Subur (PUS) agar dapat menurunkan angka Prevalensi Penyakit Kanker Leher Rahim serta meningkatkan cakupan program Deteksi Dini Kanker Leher Rahim desa Tepakyang kecamatan Adimulyo.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter