INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA TEPAKYANG. PELAYANAN DI DESA TEPAKYANG HARI SENIN s/d KAMIS DIBUKA MULAI PUKUL 07.30 S/D 15.00 WIB HARI JUM'AT DIBUKA PUKUL 07.30 s/d 11.00 WIB

BMKG Prediksi Musim Kemarau Tahun 2023 Lebih Panjang & Kering

BMKG Prediksi Musim Kemarau Tahun 2023 Lebih Panjang & Kering

Tepakyang 30-04-2023. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim kemarau 2023 lebih kering apabila dibandingkan dengan tiga tahun terakhir. Terlebih, ada potensi El Nino atau fenomena pemanasan suhu muka laut hingga 60 persen.

Berdasarkan pemantauan terbaru BMKG, saat ini intensitas La Nina terus melemah. Hal itu terlihat dari indeks El-Nino Southern Osciliation (ENSO) di 10 hari pertama Januari 2023. El Nino dan La Nina merupakan dinamika atmosfer dan laut yang memengaruhi cuaca di sekitar laut Pasifik. Ketika El Nino berlangsung, musim kemarau menjadi sangat kering serta permulaan musim hujan yang terlambat. Sedangkan ketika La Nina, musim penghujan akan tiba lebih awal dari biasanya. La Nina juga menyebabkan hujan tetap terjadi saat musim kemarau.

BMKG memprediksi kondisi tersebut akan terus berlangsung hingga akhirnya indeks menjadi netral. Tahun 2023 ini puncak musim kemarau di Indonesia tidak terjadi secara bersamaan. Awal musim kemarau di sebagian wilayah Indonesia diprediksi terjadi pada April dan menyebar di seluruh wilayah pada Mei-Agustus 2023.

Beberapa wilayah yang awal kemaraunya diprediksi maju meliputi sebagian wilayah Sumatera Utara, sebagian wilayah Jawa, sebagian kecil Bali, sebagian Nusa Tenggara, sebagian Kalimantan dan sebagian Sulawesi.

Pemerintah Desa Tepakyang menghimbau kepada para petani dan peternak untuk waspada dan bersiap untuk menghadapi musim kemarau yang lebih Panjang.
 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Wisata Religi Martaban Bulupitu Masuk dalam Kawasan Geopark Kebumen
Mulai Bulan Depan, Ketua RT dan RW di Kebumen dapat Dana Insentif
Upaya Pemkab Kebumen Menyikapi Kenaikan Harga Beras
DPRD Kebumen Sahkan Perda Tentang Stunting dan Pendidikan Pesantren
TMMD Tahap I/2024 Resmi Dibuka, Fokus Infrastruktur Jalan Desa

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3

Polling 4